Perbedaan Spare Part Evaporator Dan Kondensor Tembaga Atau Alumunium

Evaporator dan Kondensor merupakan komponen atau spare part AC yang mempunyai peranan cukup penting. Evaporator berfungsi untuk mengubah refrigeran yang cair menjadi gas. Sedangkan kondensor berfungsi untuk mengubah refrigerant gas menjadi cair. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

4 Perbedaan Pipa Tembaga dan Alumunium

Biasanya komponen evaporator dan kondensor menggunakan bahan pipa yang terbuat dari alumunium dan tembaga. Sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang sama untuk menyerap panas di dalam ruangan. Namun, perbedaannya cukup jelas, seperti halnya berikut ini.

1. Perpindahan Panas

Perbedaan yang paling utama antara bahan pipa aluminium dan tembaga terletak pada kemampuannya dalam memindahkan panas. Perlu diketahui jika bahan tembaga memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menukar panas. Selain itu, perawatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu serius.

Dengan kata lain AC Daikin Indonesia yang menggunakan bahan tembaga lebih cepat untuk mendinginkan ruangan dan dapat menghemat daya listrik. Sebaliknya bahan aluminium lebih lambat dalam mendinginkan ruangan serta kemampuan memindahkan panas lebih kecil.

2. Korosi

Bahan pipa dari tembaga mudah sekali terjadi korosi sehingga dapat menyebabkan kebocoran pada gas pendingin. Korosi tersebut disebabkan karena pengaruh dari asam organik, air dan oksigen. Jadi, untuk meminimalisir hal tersebut harus bisa mencegah pipa dari korosi.

Korosi yang terjadi pada spare part AC aluminium disebabkan karena 2 kontak logam di hadapan cairan elektrolit. Korosi yang tidak segera diatasi ini dapat menyebabkan kebocoran pada bahan pendingin. Namun, saat terjadi korosi pada bahan alumunium, akan sulit untuk diperbaiki.

3. Kekuatan Koil

Perbedaan dari segi kekuatan Koil, bahan tembaga lebih kuat. Sekalipun mengalami kerusakan, bahan tembaga lebih mudah untuk diperbaiki dan biaya yang dibutuhkan juga terbilang terjangkau. Sedangkan bahan alumunium membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Saat terjadi di kerusakan, kumparan aluminium tidak bisa diperbaiki. Dengan kata lain harus diganti dengan yang baru dan tentunya biaya yang dikeluarkan lebih mahal. Jika tidak segera diganti, maka AC tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

4. Pemeliharaan

Perbedaan antara pipa tembaga dan aluminium terletak pada pemeliharaannya. Umumnya kondensor harus menghadapi kondisi cuaca yang cukup keras, dikarenakan dipasang di bagian luar rumah. Jadi, agar fungsinya tetap maksimal harus dilakukan pembersihan secara rutin.

Sedangkan jika kondensor terbuat dari pipa tembaga tentu akan lebih kuat dalam menghadapi berbagai cuaca yang keras. Sedangkan untuk pipa aluminium mempunyai kekuatan yang terbilang rendah, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih banyak.

Itulah penjelasan mengenai spare part AC  evaporator dan Kondensor yang mempunyai bahan berbeda. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan jika bahan yang terbuat dari logam atau tembaga lebih awet, mudah dalam pemeliharaan dan juga lebih hemat dalam biayanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.