aplikasi transfer uang

Cara Transfer Uang Tanpa ATM, Cepat, dan Praktis!

Dari dahulu sampai sekarang, ATM memang sering dipilih sebagai mesin untuk transfer uang oleh pengguna karena lebih cepat dan praktis dibanding transfer uang di teller. Namun, seiring berkembangnya teknologi, transfer uang pun kini tidak hanya bisa dilakukan lewat ATM saja, tapi juga bisa lewat aplikasi transfer uang gratis yang semakin memudahkan penggunanya.

Selain itu, pengguna juga bisa mentransfer uangnya lewat ini, loh, di antaranya:

  • Kantor Pos

Selain mengirim surat, kantor pos juga menyediakan layanan pengiriman uang yang dinamakan wesel. Nah, terdapat 4 jenis wesel yang bisa dipilih saat mengirim uang, di antaranya:

    • Weselpos Instan, yang menggunakan Nomor Transaksi Pusat dan PIN dari pengirim ke penerima. 
    • Weselpos Transfer Tunai, pengiriman uang tunai dengan tujuan rekening bank. 
    • Weselpos Kemitraan, pengiriman uang kepada mitra Kantor Pos.
  • Weselpos Prima, yang memakai surat pemberitahuan saat mengirim uang, kemudian uang akan diantar langsung ke penerima. 
  • Western Union

Transfer uang juga bisa lewat Western Union. Berbeda dengan yang lainnya, Western Union biasanya digunakan untuk mengirim uang kepada orang lain yang berada di luar negeri. Pengguna hanya perlu menyetorkan uang tunai ke salah satu cabang Western Union. Kemudian, penerima dapat mengambilnya di cabang Western Union negara tujuan.

  • Minimarket

Minimarket seperti Indomaret dan Alfamart juga menyediakan layanan pengiriman uang. Dengan demikian, pengguna bisa memanfaatkannya untuk tempat mengirim uang ke pengguna lain dan hanya perlu membawa uang, data diri, dan mengisi formulir yang disediakan. Lalu, pihak minimarket akan segera memproses pengiriman uangnya.

  • Mobile Banking

Bahkan, yang paling praktis bisa dilakukan lewat aplikasi mobile banking. Umumnya, pihak bank memiliki aplikasi mobile banking ini dan pengguna hanya perlu men-download-nya melalui Google Play Store maupun App Store. Setelah di download, nantinya akan ada menu untuk transfer uang pada aplikasi tersebut. Pengguna hanya perlu memasukkan nomor rekening tujuan, nominal uang, dan nomor PIN miliknya. 

  • E-wallet

E-wallet atau dompet digital merupakan salah satu aplikasi berbasis digital yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan dan mengirim uang. Selain itu, dompet digital ini juga bisa digunakan untuk membayar tagihan, membeli pulsa, voucher live streaming, dan lainnya. Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan mobile banking. Namun, bedanya, e-wallet tidak mengharuskan pengguna membuka rekening di bank.       

Mudah dan praktis, bukan? Untuk itu, yuk, transfer uang lewat kelima cara di atas. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.