Cara Menjaga Kesehatan Otot

Otot manusia terus digunakan dari mulai bangun pagi sampai anda dalam kondisi terlelap tidur, otot sangat berguna untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

 

Adapun, otot sangat penting kegunaannya bagi manusia, anda harus menjaga bagian tubuh yang satu ini dengan baik agar selalu sehat dan ada dalam keadaaan prima.

 

Nah, Ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan otot anda, mari kita simak dalam artikel singkat berikut ini.

 

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Otot?

 

  1. Pertahankan Berat Badan Ideal

 

Kelebihan berat badan tidak baik untuk otot anda karena beban yang harus ditopang oleh otot anda lebih besar dari yang seharusnya. Jika otot sudah terganggu nantinya akan menyebabkan aktivitas anda terganggu karena rasa sakit ataupun pegal pada area tertentu.

 

Maka dari itu, anda harus menjaga badan anda secara ideal. Jangan terlalu banyak makan ataupun ngemil, apalagi jika makanana mengandung lemak ataupun kalori yang terlalu banyak. Itu akan menyebabkan tubuh anda obesitas atau kelebihan berat badan.

 

  1. Cukupi Kebutuhan Air Dalam Tubuh

 

Kekurangan air dalam tubuh dapat mengakibatkan gangguan tertentu pada sistem otot.  Gangguan tersebut bisa dalam bentuk kram otot ataupun gangguan lainnya.

 

So, usahakan untuk selalu minum air sesuai dosis yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan, yakni 2 liter air dalam satu hari.

 

  1. Olahraga Secara Rutin

Cara menjaga kesehatan otot yang terbaik adalah dengan olahraga secara rutin, baik itu olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, renang sampai olahraga berjenis berat.

Dengan berolah raga, selain menyehatkan otot juga akan membentuk otot yang lebih kuat. Ini tentu saja akan bermanfaat bagi anda ketika menjalankan aktivitas-aktivitas berat.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Untuk membuat otot sehat, setidaknya anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya protein, karbohidrat dan juga lemak yang seimbang.

Beberapa contoh makanan yang baik untuk kesehatan otot diantaranya dalah telur, daging merang, dada ayam dan juga keju. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi vitamin tertentu dan juga susu kesehatan untuk menjaga masa otot anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.