Asisten Shin Tae-yong Rapikan Sikap Pemain Timnas Indonesia yang Buyar Karena Insiden Salah Lagu

Asisten pelatih timnas Indonesia, Choi In cheol tampak merapikan kembali sikap para pemain timnas Indonesia saat sebuah insiden terjadi di laga kontra Uni Emirat Arab, Jumat (11/6/2021). Insiden itu berupa salah pemutaran lagu kebangsaan. Panitia justru memutar lagu kebangsaan Malaysia saat pemain Indonesia bersiap memberi penghormatan bagi lagu Indonesia Raya Insiden salah putar lagu kebangsaan menimpa timnas Indonesia ketika melawan Uni Emirat Arab dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia grup G di Stadion Zabeel, Dubai, Uni Emirat Arab.

Peristiwa ini terjadi tepat sebelum laga dimulai. Seperti biasa, kedua tim telah bersiap untuk mendengarkan lagu kebangsaan dari masing masing. Para pemain timnas Indonesia sudah siap dengan sikap tangan di dada serta menghadap ke bendera Merah Putih yang dibentangkan.

Namun, rupanya panitia pelaksana tidak memutar lagu Indonesia Raya, melainkan lagu kebangsaan Malaysia berjudul 'Negaraku'. Sontak pemain terlihat kebingungan dan langsung melayangkan protes dengan mengangkat tangan dan berteriak. Kushedya Hari Yudo dan Muhammad Riyandi terlihat mengangkat tangan dan melihat ke bangku cadangan.

Sikap sempurna skuad Garuda pun sempat buyar ketika mendengarkan lagu kebangsaan Malaysia tersebut. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, suporter Indonesia juga terdengar berteriak menanggapi insiden itu. "Ini bukan lagu kebangsaan Indonesia," ujarnya.

Dari bench, asisten pelatih Choi In cheol mencoba menenangkan para pemainnya dibantu oleh penerjemah. Terlihat jelas jika pria asal Korea Selatan itu membenarkan sikap para pemain timnas Indonesia untuk mendengarkan lagi lagu kebangsaan yang sebenarnya. Pada akhirnya, panitia pelaksana memutar lagu Indonesia Raya setelah insiden itu.

Laga timnas Indonesia Vs UEA sendiri berakhir dengan skor 0 5 untuk kemenangan sang tuan rumah. Gol gol kemenangan Uni Emirat Arab dicetak oleh Ali Ahmed Mabkhout pada menit ke 22 dan 49', Fabio Lima (28', 55') dan Sebastian Tagliabuse (86'). Pasca laga, Choi In cheol mengakui kalah kelas dari lawannya itu.

“Kita ucapkan selamat untuk Uni Emirat Arab." "Kami kalah dan tak bisa menguasai pertandingan itu saya kira karena kami tidak bisa mencetak gol dari titik penalti tadi, kalau kita sukses, mungkin kami bisa bangkit dan akan memberikan sedikit suntikan motivasi serta momentum disana apabila penalti itu berbuah gol,” kata Choi In cheol. Dengan kekalahan ini, Indonesia menutup perjuangan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia grup G dengan berada di dasar klasemen dengan poin 1 dari 8 laga.

Walau begitu, Choi In cheol yakin timnas Indonesia bisa mengambil hikmah dari penampilan tersebut. Mantan pelatih timnas Wanita Korea Selatan itu percaya Evan Dimas cs akan membaik ke depannya apalagi skuad Garuda diisi para pemain muda. "Belajar dari kekalahan ini, pasti akan berkembang juga. Karena hal positif, pemain kami muda dan ke depan lebih baik lagi."

"Jujur kita gak puas, tapi ke depannya pasti lebih baik. Latihan dengan baik. Kalah pengalaman, tapi kami punya harapan besar ini pemain muda," tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.