8 Gejala yang Ditunjukkan oleh Orang yang Memiliki Gangguan Bipolar

Masalah kesehatan mental merupakan hal yang tidak bisa disepelekan. Salah satu masalah kesehatan mental yang perlu untuk kita waspadai adalah gangguan bipolar.

Gangguan bipolar adalah penyakit mental yang menyebabkan periode bergilir dari kegembiraan, euforia dan depresi. Gejala bisa jadi semakin parah karena pergeseran tak menentu dari suasana hati, perilaku, dan tingkat aktivitas.

Gangguan bipolar membutuhkan penanganan tepat waktu untuk mencegah hal yang tak diinginkan terjadi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala-gejala yang ditunjukkan oleh gangguan ini.

Terdapat sejumlah gejala umum untuk menunjukkan adanya gangguan bipolar pada diri seseorang. Dilansir dari The Health Site, berikut delapan gejala awal yang muncul dari gangguan bipolar.

Hypomania

Hypomania adalah keadaan ketika energi yang sangat tinggi dan berada di suasana hati yang besar. Selama periode ini orang akan merasa gembira dan banyak tertawa.

Secara normal, semua orang senantiasa mengalami mengalami perubahan suasana hati. Hanya saja, ketika suasana hati yang begitu baik ini terus berlanjut setidaknya selama seminggu yang kemudian diikuti oleh depresi, ini bisa saja menjadi salah satu gejala awal bipolar.

Munculnya Ide Secara Tiba-Tiba

Selama suasana hati yang tinggi ini dan merasa gembira, orang akan menjadi sangat kreatif. Banyak ide yang bermunculan terkait dengan pekerjaan atau peningkatan kehidupan pribadi mereka.

Depresi dan Perubahan Cara Bicara

Bicara Cepat

Dengan ide yang tiba-tiba mengalir selama masa hypomania, orang tersebut akan banyak berbicara dan bahkan mencoba bicara terus-menerus. Ini adalah gejala bipolar jika mereka tak biasanya melakukan hal tersebut dan secara tiba-tiba melakukan hal tersebut.

Depresi

Depresi adalah gejala yang paling umum terjadi pada orang yang mengalami gangguan bipolar. Setelah masa hypomania mulai memudar, gejala depresi akan mulai bermunculan seperti merasa sedih, stres kronis dan bahkan tidak mampu melakukan pekerjaannya lagi.

Mudah Tersinggung dan Impulsif

Mudah Tersinggung

Gejala gangguan bipolar lain yang ditunjukkan adalah mudah tersinggung. Orang tersebut biasanya terus-menrus marah atau bahkan cepat marah setidaknya selama empat minggu.

Perilaku Impulsif dan Sembrono

Orang-orang yang berakhir dengan menghabiskan uang secara berlebihan dan mulai menunjukkan perilaku yang tidak konsisten dengan apa yang biasanya mereka lakukan.

Insomnia dan Pola Pikir Irasional

Insomnia atau Pola Tidur yang Tak Teratur

Orang-orang yang menunjukkan gejala bipolar juga memiliki pola tidur yang tak teratur. Selama masa depresi, orang tersebut membutuhkan perjuangan yang lebih untuk tidur atau mengalami insomnia. Hal ini juga yang menyebabkan mereka memiliki pola tidur yang tak teratur.

Irasional

Hal ini adalah gejala lain yang muncul pada masa hypomania. Pada masa ini, orang-orang akan mengalami perasaan irasional yang kuat dan berpikir bahwa dirinya adalah yang paling benar.

Kewaspadaan perlu ditingkatkan ketika kamu merasakan lima dari delapan gejala tersebut. Ketika kamu mengalami sejumlah hal ini, pastikan untuk waspada dan hati-hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.