5 Tips Penting Memasang Kamera CCTV Secara Efektif

Di zaman sekarang, pentingnya kamera keamanan tidak bisa diremehkan lagi. Entah properti Anda adalah rumah pribadi atau tempat usaha, Anda butuh kamera CCTV untuk menjaga keamanan.

Kamera CCTV sudah menjadi tren umum. Alat ini ada di mana-mana sekarang, dan terlihat di hampir setiap tempat bisnis: di bank, toko, kantor, restoran, atau bahkan persimpangan lalu lintas yang digabungkan dengan teknologi canggih seperti komputasi awan dan otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa yang perlu diperhatikan ketika memasang kamera keamanan agar semakin efektif. Mari kita kupas beberapa manfaat kamera CCTV dan bagaimana alat ini bisa membantu Anda meningkatkan keamanan rumah atau tempat usaha Anda.

  1. Atur kamera dengan tepat untuk meningkatkan area pandang

Sebagai aturan praktis, selalu pasang kamera Anda di tempat di mana kamera akan menyorot ruang yang Anda inginkan. Menempatkan kamera CCTV di sudut mungkin akan menciptakan titik buta dan membatasi efektivitas penyorotannya.

  1. Fokus pada kebutuhan pencahayaan Anda

Selalu pastikan bahwa area yang akan dipantau cukup terang untuk kamera Anda. Bila pencahayaannya rendah, gunakan kamera CCTV berkemampuan night vision sebagai gantinya. Lingkungan dengan penerangan yang buruk dapat membuat pengawasan menjadi lebih sulit.

  1. Atur kamera CCTV untuk memantau pintu masuk tersembunyi
Sumber: pinterest.com

Jendela belakang, pintu belakang, dan jendela dan pintu basement merupakan titik masuk yang rentan bagi pencuri. Pastikan kamera Anda mengcover area ini sehingga Anda dapat mencegah pencuri masuk dengan menyalakan alarm sebelum mereka dapat mencuri apa pun.

  1. Pantau pintu depan

Pencuri itu licik dan bahkan mungkin akan mencari jalan masuk ke rumah Anda melalui pintu depan. Memasang kamera sangat penting untuk melindungi diri Anda dari taktik licik mereka.

  1. Gunakan kamera keamanan terbaik untuk aplikasinya

Dengan semua kemajuan teknologi yang ada, kamera PTZ (pan-tilt-zoom) menjadi lebih populer. Namun kamera jenis ini membutuhkan banyak bagian yang bergerak untuk beroperasi dan memiliki area pandang yang terbatas; hal ini dapat diatasi dengan menggunakan kamera sudut lebar tetap yang dipasang secara strategis untuk memperbesar area pandang.

Jika Anda menginginkan keserbagunaan dengan sistem pengawasan video Anda, tetapi tidak memerlukan kemampuan deteksi gerakan 360 derajat penuh, cobalah memasang satu atau dua kamera PTZ di samping pengaturan kamera keamanan sudut tetap yang sudah ada sehingga tidak ada titik buta di sisi mana pun. Seseorang akan semakin sulit menyelinap masuk tanpa terdeteksi.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak Anda untuk menggabungkan dua sistem kamera bersama-sama, sehingga jika sudut lebar mengidentifikasi gerakan dalam kuadran yang Anda tentukan, PTZ akan memperbesar dan memutar hingga menangkap gambar peristiwa ini. Dengan cara ini, Anda akan dapat mengevaluasi rekaman dan mengawasi keamanan properti Anda tanpa harus hadir secara fisik.

Kesimpulan

Terakhir, jika Anda ingin memasang sistem CCTV di rumah Anda, orang yang Anda tugaskan untuk memasangnya harus memiliki pengalaman dengan sistem tersebut. Jika Anda ingin memasang peralatan pengawasan seperti kamera CCTV di rumah atau kantor Anda, jasa instalasi profesional akan dibutuhkan untuk mendapatkan hasil terbaik. Anda mungkin perlu menghubungkan beberapa kamera sekaligus dalam satu sistem menggunakan router khusus yang terhubung ke internet.

Dan jangan lupa, selalu pilih kamera CCTV terbaik. Harga CCTV terbaik memang mahal, tapi itu sebanding dengan kinerjanya. Dan Anda bisa membelinya di toko perlengkapan keamanan, toko elektronik, atau toko online favorit Anda. Mari tingkatkan keamanan lingkungan kita dengan memasang kamera CCTV!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.