5 Jenis Oli Mobil yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

Seperti yang sudah Anda ketahui, oli atau pelumas punya peran yang luar biasa penting bagi kesehatan kendaraan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih oli mobil terbaik agar performa dan kondisi kendaraan Anda selalu terjaga. Karena selain melumasi berbagai komponen penting kendaraan, pelumas juga dapat berfungsi untuk mencegah karat hingga menjaga kehalusan suara mesin.

Menariknya, ada berbagai jenis oli mobil yang tersedia di pasaran, lho! Beda jenis, beda pula fungsinya. Lalu, apa saja ya jenis-jenis oli mobil yang harus Anda ketahui? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini, yuk!

Oli Mesin

Jenis oli yang satu ini adalah jenis yang paling umum. Bahkan, oli kendaraan biasanya langsung diidentikkan dengan oli mesin. Nah, oli mesin sendiri terbagi ke dalam 3 kategori, yaitu oli mineral, semi-sintetis, dan sintetis.

Perbedaan di antara ketiganya terletak pada kandungan utama yang terdapat di dalam oli. Pada oli mineral, kandungan utamanya adalah murni minyak bumi. Sedangkan oli semi-sintetis mengandung campuran oli mineral dan sintetis (buatan). Kemudian, oli sintetis sepenuhnya mengandung bahan sintetis. Jenis oli semi-sintetis dan sintetis dibuat menyesuaikan kebutuhan mesin jenis-jenis mobil tertentu.

Oli Transmisi

Fungsi dari oli transmisi adalah menjaga kinerja sistem transmisi mobil, matic maupun manual. Cara kerjanya adalah melumasi sistem transmisi gigi kendaraan sekaligus merawat komponen-komponennya supaya sistem transmisi mobil secara keseluruhan tidak gampang rusak.

Oli Gardan

Gardan merupakan komponen roda gigi (gear) pada mobil yang fungsinya adalah meneruskan tenaga dari mesin menuju poros roda. Letak komponen ini berada di dalam transmisi, alias bagian bawah kendaraan.

Fungsi oli gardan adalah untuk menjaga sebagai penghubung gardan dan transmisi mulus bebas hambatan, serta meningkatkan performa mesin kendaraan.

Oli Power Steering

Sementara itu, fungsi dari oli power steering adalah untuk menjaga kenyamanan sekaligus keamanan setir mobil (steering wheel). Dengan begitu, setir terasa enteng dan mulus ketika Anda gunakan untuk berkendara sehari-hari. Jenis oli yang satu ini tidak dibedakan berdasarkan transmisi kendaraan – matic atau manual.

Oli Rem

Jenis oli yang berikutnya adalah oli rem, yang juga sering disebut dengan nama minyak rem. Sesuai dengan namanya, fungsi oli yang satu ini adalah untuk mendukung kinerja sistem pengereman kendaraan. Oleh karena itu, oli rem bukan untuk melumasi, tapi menyalurkan tenaga supaya kinerja rem lebih pakem.

Di pasaran, Anda bisa temukan beberapa jenis klasifikasi untuk oli rem. Contohnya DOT 2, DOT 3, dan DOT 4. Makin tinggi angka pada klasifikasinya, makin tinggi pula titik didih serta kualitas minyak rem.

Itu dia 5 jenis oli mobil yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.